Berapa Cangkir Teh yang Wajar? Terlalu Banyak Menyebabkan Kanker Prostat


ioneblackdoctor.files


Menikmati teh memang menyehatkan. Sebuah studi menemukan bukti peminum teh memiliki kadar kolesterol lebih rendah dalam tubuh. Namun bukan berarti kita bisa sembarangan minum teh sebanyak-banyaknya tiap hari. Dosis yang berlebihan malah mengancam kesehatan kita, salah satunya kanker prostat.

Kanker prostat adalah penyakit pada saluran reproduksi yang kerap menyerang pria paruh baya. Para peneliti di University of Glasgow, Institute of Health & Wellbeing mengadakan pengamatan selama 37 tahun terhadap makanan dan minuman yang memengaruhi datangnya kanker prostat pada pria. Salah satu yang diteliti yakni konsumsi teh.

Penelitian yang dikepalai Dr. Kashif Shafique tersebut mengontrol kesehatan 6000 relawan, usia 21 hingga 75 tahun. Mereka diminta mengisi kuisioner tentang kebiasaan mengonsumsi teh, kopi, alkohol, dan rokok, lalu menjalani serangkaian tes lainnya.

Ditemukan seperempat dari 6000 relawan tersebut adalah penggila teh. Setelah tes, hasilnya menunjukkan 6,4% relawan mengalami kecenderungan kanker prostat. Peneliti juga menemukan, pria yang minum lebih dari 7 cangkir sehari memiliki resiko lebih besar daripada mereka yang hanya mengonsumsi teh kurang dari 4 cangkir.

"Memang kami menemukan para penggila teh ini kadar kolesterolnya rendah dan sangat sehat. Mereka juga cenderung tidak mengalami masalah kelebihan berat badan. Tetapi pria yang terlalu banyak mengonsumsi teh memiliki resiko tinggi terhadap kanker prostat," papar Dr. Shafique dikutip dari Medical Xpress.

Peneliti juga menyebutkan jenis teh yang diminum - teh hitam atau teh hijau - tidak ada hubungannya dengan penyebab kanker prostat. "Kami tak tahu apakah kadar dalam teh atau peminum teh menjadi lebih sehat sehingga usia mereka lebih panjang dan akhirnya kanker prostat pun menyerang (penderita penyakit ini biasanya pria berusia lanjut, red.)," ucap Dr. Shafique. Laporannya bisa dibaca dalam jurnal Nutrition and Cancer.

Comments :

0 komentar to “Berapa Cangkir Teh yang Wajar? Terlalu Banyak Menyebabkan Kanker Prostat”

Posting Komentar

Entri Populer